KUNJUNGAN ROMBONGAN IKATAN MAHASISWA GIZI INDONESIA (IKAMGI) KE UPTD AGRIBISNIS

30 November 2017
KUNJUNGAN ROMBONGAN IKATAN MAHASISWA GIZI INDONESIA (IKAMGI) KE UPTD AGRIBISNIS

 

UPTD Agribisnis sebagai agrowisata dan objek wisata edukasi pada Rabu 28 November 2017 mendapat kunjungan rombongan Ikatan Mahasiswa Gizi Indonesia (IKAMGI) se Indonesia yang sedang mengikuti Musyawarah Nasional di Kota Pontianak dengan tema “ Satuan Aspirasi Menuju Generasi Gizi yang Berdaya Saing dalam Era Globalisasi melalui MUNAS VIII IKAMGI” . Sebagai tuan rumah Musayawarah Nasional ini yaitu Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Pontianak.

Peserta MUNAS VIII IKAMGI yang berasal dari 37 provinsi di Indonesia diterima oleh tenaga teknis UPTD Agribisnis bapak Davin Arifin, SP yang langsung memberi penjelasan mengenai budidaya sampai dengan pengolahan Aloevera, manfaat dan khasiat Aloevera bagi kesehatan serta kandungan gizi yang terdapat pada tanaman Aloevera. Peserta sangat antusias mendengar dan bertanya tentang tanaman Aloevera yang merupakan komoditi unggulan Kota Pontianak. Selain itu peserta dapat menikmati produk-produk olahan Aloevera berupa Juice Aloevera, stik Aloevera, Coklat Aloevera dan Jelly Aloevera.

Menurut ibu Suaibah salah satu dosen ilmu gizi Politeknik Kesehatan Pontianak bahwa potensi tanaman dan produksi lidah buaya di Kota Pontianak sangat menjanjikan baik dari segi pertumbuhan (ukuran tanaman yang terbaik saat ini) maupun dari segi kandungan gizinya. Berbagai macam kandungan nutrisi dalam pelepah Lidah Buaya antara lain vitamin, mineral, enzim dan asam amino sangat diperlukan oleh tubuh sebagai anti mikroba, antibiotic, pembersih tubuh, penstabil kadar kolesterol dalam darah dan sebagai anti oksidan. Kekurangan gizi pada orang dewasa mengakibatkan penurunan produktivitas, rendahnya status gizi penduduk menyebabkan rendahnya kualitas dan produktivitas penduduk serta menyebabkan terjadinya lost generation.

operator2