MERIAHKAN HUT KOTA PONTIANAK DENGAN VAKSINASI RABIES

30 Oktober 2017
MERIAHKAN HUT KOTA PONTIANAK DENGAN VAKSINASI RABIES

Memperingati Hari Jadi Kota Pontianak ke-246, Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak dalam pameran Pontianak Expo di Pontianak Convention Center (PCC) membuka stan pelayanan vaksinasi Rabies gratis. Kegiatan berlangsung dari tanggal 21 – 24 Oktober 2017 pada pukul 15.00-18.00.

Pada tanggal 21 Oktober jumlah hewan yang diperiksa dan dapat divaksinasi Rabies sebanyak 13 ekor. Tanggal 22 Oktober merupakan puncak dengan jumlah hewan penular Rabies (HPR) yang paling banyak yaitu 78 ekor, tanggal 23 Oktober sebanyak 47 ekor dan tanggal 24 Oktober sebanyak 29 ekor, sehingga total HPR, yang meliputi anjing dan kucing yang telah dibawa untuk divaksinasi Rabies sebanyak 167 ekor. Hewan yang telah divaksin diberikan kartu vaksinasi Rabies sebagai pegangan untuk pelaksanaan vaksinasi tahun berikutnya. Vaksinasi Rabies harus dilakukan setahun sekali untuk membentuk kekebalan yang tinggi terhadap Rabies.

Hewan anjing ataupun kucing yang tidak dapat divaksinasi karena berdasarkan hasil pemeriksaan oleh Dokter Hewan terdiagnosa sakit dilakukan pengobatan dan beberapa diberikan resep untuk ditebus ke apotek untuk kemudian diobati di rumah.

Pada tahun 2017 sampai dengan berita ini diturunkan, jumlah orang yang meninggal akibat Rabies di Kalimantan Barat telah mencapai 21 orang, dan masih mungkin akan terus bertambah. Oleh karena itu kebiasaan membawa HPR untuk dilakukan vaksinasi harus dijadikan budaya setiap tahunnya sebab Rabies hanya dapat dicegah, bukan diobati (Sofia). 

Operator 3