BIMTEK PEMANFAATAN SARANA PENGOLAHAN DAN PEMASARAN HASIL PERIKANAN SERTA MANAJEMEN USAHA KEPADA KELOMPOK TA.2017

04 September 2017
BIMTEK PEMANFAATAN SARANA PENGOLAHAN DAN PEMASARAN HASIL PERIKANAN SERTA MANAJEMEN USAHA KEPADA KELOMPOK TA.2017

     

     Kegiatan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Sarana Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan serta Manajemen Usaha Kepada Kelompok Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Calon Penerima Paket Bantuan Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Pontianak Tahun 2017. Kegiatan Pembinaan Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan telah dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 29 Agustus 2017 di Aula Kecamatan Pontianak Kota jalan Alianyang Pontianak dimulai pukul 08.00 sampai selesai merupakan kegiatan ketiga sepanjang Tahun Anggaran 2017. Jumlah peserta terdiri dari 35 orang kader Posyandu yang merupakan binaan Puskesmas Alianyang Kota Pontianak.

     Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan kepada kader Posyandu untuk menumbuhkan minat makan ikan pada keluarga dimasa yang akan datang diharapkan ilmu yang telah diajarkan dapat diterapkan dalam keluarga. Diharapkan juga para kader Posyandu dapat mengajak ibu-ibu untuk memberi asupan gizi balita dengan bahan makanan dari ikan. Tujuan yang ingin dicapai melalui kegiatan ini adalah meningkatnya wawasan kader Posyandu akan ragam produk olahan hasil perikanan dan potensi pengolahan produk olahan hasil perikanan yang dapat menambah pendapatan keluarga sehingga meningkatkan kesejahteraannya.

   Kegiatan Pembinaan Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan merupakan salah satu bentuk sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) untuk generasi yang sehat dan cerdas. Melalui kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai media pembelajaran dalam mengasah keterampilan memasak, mengolah cita rasa ikan menjadi lebih baik dengan tidak mengurangi nilai gizi yang terkandung di dalamnya. Acara di buka oleh Ibu Rezki L.Arief, S.Pi. MA MSE., selaku Kepala Seksi Perikanan Budidaya Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan mewakili Plt. Kepala Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak dan Kepala Bidang Perikanan yang pada saat bersamaan sedang ada kegiatan yang tidak dapat diwakili. Narasumber pada kegiatan Pembinaan Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan ini antara lain :

  1. Ibu Herkulana Farida, S.Gz,MPH., selaku Staf Seksi Perbaikan Gizi Dinas Kesehatan Kota Pontianak menyampaikan materi mengenai Manfaat Ikan Bagi Kesehatan (dalam mendukung percepatan perbaikan gizi 1000 Hari Pertama Kehidupan);
  2. Ibu Indah Rica Cahyani, A.Md., selaku Penyuluh Perikanan Bantu (PPB) Pendamping Program Kota Pontianak pada Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak yang menyampaikan materi mengenai cara pembuatan Burger Ikan yang diikuti oleh para peserta kegiatan pembinaan dan pengolahan hasil perikanan;
  3. Ibu Umi Kalsum selaku Kader TP.PKK Kelurahan Paal Lima sebagai Pemenang I Lomba Masak Berbahan Dasar Ikan Antar-Kelurahan Se-Kota Pontianak Tahun 2017 yang menyampaikan materi mengenai cara pembuatan Brownies Ikan yang diikuti oleh para peserta kegiatan pembinaan dan pengolahan hasil perikanan.

Kegiatan Pembinaan Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan selanjutnya direncanakan akan dilaksanakan pada bulan September yang akan datang. (WNC)

 

 

 

 

Op. Bid Perikanan