LOMBA MASAK BERBAHAN DASAR IKAN ANTAR KELURAHAN SE-KOTA PONTIANAK TA.2017

08 Agustus 2017
LOMBA MASAK BERBAHAN DASAR IKAN ANTAR KELURAHAN SE-KOTA PONTIANAK TA.2017

Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak bekerjasama dengan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Pontianak serta Tim Pengerak PKK Kota Pontianak mengadakan kegiatan Lomba Masak Berbahan Dasar Ikan antar Kelurahan se-Kota Pontianak Tahun Anggaran 2017 yang telah dilaksanakan pada hari Senin tanggal 31 Juli 2017 di Pendopo Rumah Dinas Walikota Pontianak jalan Abdurahman Saleh dimulai pukul 08.00 wib hingga pukul 14.30 wib.

 

Kegiatan yang mengambil tema “ Lomba Masak Berbahan Dasar Ikan dengan Kreasi dan Inovasi Guna Memasyarakatkan Makan Ikan Agar Sehat, Kuat, dan Cerdas ” ini dibuka oleh Ibu Hj.Lismaryani Sutarmidji selaku Ketua Umum Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Pontianak, kegiatan ini dihadiri oleh Walikota Pontianak, Ketua TP PKK Kota Pontianak, Anggota TP PKK Kota, TP PKK Kecamatan, TP PKK Kelurahan dan beberapa Kepala OPD tingkat Provinsi Kalimantan Barat dan Pemerintah Kota Pontianak. Lomba Masak Berbahan Dasar Ikan merupakan salah satu bentuk sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) untuk generasi yang sehat dan cerdas. Melalui kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai media pembelajaran dalam mengasah keterampilan memasak, mengolah cita rasa ikan menjadi lebih baik dengan tidak mengurangi nilai gizi yang terkandung di dalamnya.

 

Peserta yang mengikuti Lomba Masak Berbahan Dasar Ikan Tahun 2017 adalah Kader Tim Penggerak PKK Kelurahan se-Kota Pontianak yang terbagi menjadi 29 Tim perwakilan dari setiap kelurahan yang ada di wilayah Kota Pontianak. Bahan baku yang digunakan sebagai bahan dasar dalam menu keluarga yaitu ikan tongkol. Lomba ini dinilai oleh tim dewan juri yang ahli dibidangnya masing-masing, adapun sebagai berikut :

 

  1. Ibu Dr. Ir. Yohana S.K.Dewi, M.P. selaku Kepala Pusat Kajian Makanan Tradisional yang juga berprofesi sebagai Staf Pengajar Fakultas Pertanian UNTAN Pontianak;
  2. Ibu Herkulana Farida, S.Gz,MPH. selaku Staf Seksi Perbaikan Gizi Dinas Kesehatan Kota Pontianak;
  3. Bapak Mastun Leo Martanus selaku Guru Muda SMK Negeri 5 Pontianak;

 

Pada lomba ini terdapat beberapa jenis yang dilombakan, yakni menu balita, menu keluarga/utama dan kudapan/snack/kue/makanan ringan dengan tetap memperhatikan kreativitas, inovasi, cita rasa, penampilan, kandungan gizi dan kehigenisan makanan tersebut.

Tim dewan juri menyampaikan pemenang lomba yaitu Juara I diraih oleh Kader Tim Penggerak PKK Kelurahan Pal Lima (Kecamatan Pontianak Barat), Juara II diraih oleh Kader Tim Penggerak PKK Kelurahan Siantan Tengah (Kecamatan Pontianak Utara), Juara III diraih oleh Kader Tim Penggerak PKK Kelurahan Akcaya (Kecamatan Pontianak Selatan), Juara Harapan I diraih oleh Kader Tim Penggerak PKK Kelurahan Sungai Jawi Luar (Kecamatan Pontianak Barat), Juara Harapan II diraih oleh Kader Tim Penggerak PKK Kelurahan Darat Sekip (Kecamatan Pontianak Kota) dan Juara Harapan III diraih oleh Kader Tim Penggerak PKK Kelurahan Kota Baru (Kecamatan Pontianak Selatan). Pemenang Lomba Masak Berbahan Dasar Ikan (Juara I, II, III, Harapan I, Harapan II,  dan Harapan III) mendapatkan penghargaan berupa trophy, bingkisan hadiah lomba dan piagam penghargaan.

Kader Tim Penggerak PKK Kelurahan Pal Lima sebagai Pemenang Juara I Lomba Masak Berbahan Dasar Ikan Tingkat Kota Pontianak akan diikutsertakan pada Lomba Masak Tingkat Provinsi Kalimantan Barat mendatang. Lomba Masak Tingkat Provinsi Kalimantan Barat akan diikuti oleh seluruh kabupaten/ kota yang ada di Provinsi Kalimantan Barat. (WNC)

 

 

 


 

Op. Bid Perikanan