EKSTRAK ALOEVERA BARBADENSIS SEMAKIN DIMINATI

11 Juli 2017
EKSTRAK ALOEVERA BARBADENSIS SEMAKIN DIMINATI

Berkembangnya industri kecil dibidang kecantikan mengakibatkan tingginya permintaan akan ekstrak Aloe Barbadensis sebagai salah satu bahan yang digunakan untuk pembuatan produk-produk kosmetika karena kandungan nutrisi berupa vitamin, mineral, enzim dan asam amino yang terdapat pada Aloe Barbadensis berkhasiat sebagai antibiotik, pembersih tubuh dan memperlambat penuaan dini.

Salah satu pengusaha sukses di bidang kecantikan yang memproduksi produk kosmetika mennggunakan bahan dasar ekstrak Aloe Barbadensis di kota Pontianak yang usahanya telah berkembang yaitu bapak Robbyono. Dibawah naungan perusahaan O-degree berbagai jenis kosmetik yang beliau hasilkan yaitu Shampoo yang bebas sulfat, Hand and body lotion, Aftersun Cooling Gel, Foot Cream, Celulite Cream, Pimples Wash, Sabun Mandi, Sunblock Cream, Night Cream dan Acne Cream sudah dipasarkan sampai ke luar pulau kalimantan.

UPTD Agribisnis merupakan satu-satunya lembaga yang mengembangkan tanaman Aloe Barbadensis di Kota Pontianak dan memiliki fasilitas Laboratorium Pengolahan Hasil terus meningkatkan jumlah luasan pertanaman Aloe Barbadensis untuk menunjang produksi Ekstrak Aloe Barbadensis sehingga dapat memenuhi kebutuhan industri kosmetika yang ada di Kota Pontianak agar semakin berkembang.

Produksi Ekstrak Aloevera Barbadensis yang dihasilkan di laboratorium UPTD Agribisnis dalam sebulan dapat mencapai 120 kilogram dari 400 kilogram pelepah Aloevera Barbadensis. Ekstrak Aloevera Barbadensis ini langsung diolah menjadi kosmetik karena sifatnya yang rentan terhadap kerusakan, inilah yang menjadi kendala dalam pemasaran Ekstrak Aloevera.

Op. UPTD Agribisnis