KEGIATAN PENANGANAN DAERAH RAWAN PANGAN (PDRP) KOTA PONTIANAK TAHUN 2017

03 Juli 2017
KEGIATAN PENANGANAN DAERAH RAWAN PANGAN (PDRP) KOTA PONTIANAK TAHUN 2017

Penanganan daerah rawan pangan merupakan upaya untuk menangani suatu kondisi ketidakcukupan pangan dan gizi yang dialami oleh rumah tangga. Hasil Analisis Sistem kewaspadaan pangan dan gizi yang menghasilkan peta situasi pangan dan gizi di tingkat wilayah kecamatan digunakan sebagai bahan rekomendasi bagi pengambilan keputusan dalam penanganan daerah rawan pangan. Upaya peningkatan   ketahanan   pangan   dan  gizi sangat penting diketahui siapa yang rentan pangan dan gizi, berapa banyak yang rentan terhadap kerawanan pangan dan gizi serta dimana mereka tinggal, kemudian apa saja sebenarnya yang membuat  mereka rentan.  Untuk  itu hasil  analisis  sistem kewaspadaan pangan dan gizi dilengkapi dengan data by name by addres masyarakat yang mengalami kerentanan pangan dan gizi sehingga intervensi dapat dilakukan secara tepat waktu dan tepat sasaran.

Dengan demikian intervensi penanganan daerah rawan pangan tidak hanya secara komposit (melihat wilayah yang rentan) tetapi telah diketahui siapa sasaran intervensi, sehingga dapat dicapai sistem kewaspadaan pangan dan gizi  (SKPG) plus.

Kegiatan intervensi Penanganan Daerah Rawan Pangan yang dilaksanakan Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak, berkoordinasi dengan instansi terkait dilingkungan Pemerintah Kota Pontianak yang meliputi Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Koperasi Perdagangan dan UKM, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, serta Camat dan Lurah merupakan upaya untuk mengendalikan secara dini masalah pangan dan gizi di Kota Pontianak berikut upaya penanggulangannya.

Masyarakat penerima manfaat kegiatan PDRP Tahun 2017 sebanyak 744 KK yang terdiri dari keluarga balita gizi kurang, balita dari keluarga penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS), serta masyarakat kurang mampu lainnya. Pelaksanaan penyerahan bantuan kepada masyarakat penerima manfaat dilaksanakan pada tanggal 13 Juni 2017 bertempat di aula Kantor Camat Pontianak Utara bagi masyarakat Kecamatan Pontianak Utara sebanyak 196 paket, tanggal 14 Juni 2017 bertempat di aula Kantor Camat Pontianak Timur bagi masyarakat Kecamatan Pontianak Timur sebanyak 124 paket, tanggal 15 Juni 2017 bertempat di aula Kantor Camat Pontianak Kota bagi masyarakat Kecamatan Pontianak Kota sebanyak 180 paket dan Kecamatan Pontianak Selatan sebanyak 46 paket, dan tanggal 16 Juni 2017 bertempat di aula Kantor Camat Pontianak Barat bagi masyarakat Kecamatan Pontianak Barat sebanyak 166 paket  dan Kecamatan Pontianak Tenggara sebanyak 32 paket.

Penyerahan bantuan bahan pangan kepada masyarakat penerima manfaat secara simbolis di Kecamatan Pontianak Utara dan Kecamatan Pontianak Timur oleh Pj Sekretaris Daerah Kota Pontianak, sedangkan di Kecamatan Pontianak Kota dan Kecamatan Pontianak Barat oleh Plt Kepala Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak. Kegiatan PDRP Tahun 2017 ini juga diisi dengan penyuluhan pangan dan gizi oleh Tim SKPG Kota Pontianak dengan materi pentingnya memperhatikan masa emas 1000 hari pertama balita,  pola komsumsi pangan yang bergizi seimbang, dan peran sumber bahan pangan bagi kesehatan. (Pangan)

Operator 1