Edukasi BUDIKDAMBER oleh Mahasiswa KKN-T IPB di Kota Pontianak sebagai salah satu solusi ketahanan pangan keluarga dimasa pandemi COVID-19

02 September 2020
Edukasi BUDIKDAMBER oleh Mahasiswa KKN-T IPB di Kota Pontianak sebagai salah satu solusi ketahanan pangan keluarga dimasa pandemi COVID-19

Oleh : Mahasiswa KKNT IPB difasilitasi Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak

Ketahanan pangan di Indonesia termasuk salah satu aspek yang perlu di perhatikan dimasa pandemi COVID-19.  Banyak masyarakat yang mengalami kekurangan bahan pangan dan kesulitan dalam menjalani kehidupan sehari-harinya. Mahasiswa KKNT IPB di Kota Pontianak, kelompok Pontianak Kota 01 yang terdiri atas 7 orang, berkerja sama dengan Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak berinisiatif melakukan sosialisasi sekaligus menerapkan budidaya ikan dalam ember (BUDIKDAMBER) kepada Kelompok Wanita Tani (KWT)  Bank Sampah Rumput Hias guna mendukung ketahanan dan kemandirian pangan dalam skala rumah tangga.

Kegiatan BUDIKDAMBER sendiri disambut baik oleh KWT Bank Sampah Rumput Hias karena alat dan bahan yang dibutuhkan sebagai media BUDIKDAMBER dapat memanfaatkan barang bekas yang ada. Kegiatan ini dilaksanakan di kediaman Ketua KWT Bank Sampah Rumput Hias pada tanggal 10 Agustus 2020 dan di dampingi Ibu Wenny Apriyani, S.TP selaku penyuluh pertanian kecamatan Pontianak Kota dari Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan. Penyampaian materi mengenai BUDIKDAMBER disampaikan oleh salah satu Mahasiswa KKNT IPB, Muhammad Hadiyan Ash Shiddiq (21). Guna mengetahui peningkatan pemahaman materi yang dipaparkan, mahasiswa melakukan pretest dan postest kepada ibu-ibu KWT Bank Sampah Rumput Hias.

Kegiatan dilanjutkan dengan mempraktekan secara langsung tata cara pembuatan media budidaya ikan dalam ember. Kelompok Wanita Tani Bank Sampah Rumput Hias sangat berantusias untuk mencoba mengaplikasikannya sendiri di rumah masing-masing. Sebagai bentuk apresiasi keantusiasan ibu-ibu KWT, mahasiswa memberikan peralatan untuk BUDIKDAMBER dan benih Lele serta pakannya kepada setiap peserta yang hadir hari itu.

Dengan adanya kegiatan edukasi BUDIKDAMBER kepada ibu-ibu KWT Bank Sampah Rumput Hias diharapkan dapat memenuhi kebutuhan serta kemandirian pangan selama masa pandemi serta dapat menjadikan momen ini sebagai peluang untuk berwirausaha dan menambah penghasilan.

 
   

Op. Bid Perikanan