Memilih Bibit Ayam Unggul

05 Juni 2015
Memilih Bibit Ayam Unggul

(Oleh: Purba Kusuma, S.Pt)

Untuk memulai bisnis peternakan ayam ada beberapa hal yang perlu anda lakukan secara seksama, salah satunya adalah pemilihan bibit ayam (DOC) yang baik. Jika anda sembarangan memilih bibit, alih alih anda bisa untung besar, anda justru bisa rugi besar.

Pemilihan doc yang berkualitas sangat berperan penting dalam keberhasilan ternak. Kalau kita tinjau lebih dalam, dalam hal pembiayaan ternak, doc memiliki beban kurang lebih 20% dari total biaya selain pakan dan lain-lain, namun doc memiliki peran lebih dari 60% dalam keberhasilan ternak. Hal ini lah yang perlu kita jadikan acuan dalam proses pemeliharaan yang akan kita jalani, lebih baik menunda chick in dari pada asal membeli doc yang belum kita ketahui kualitasnya, pilih breeder yang terpercaya dalam bidangnya dan seleksi kembali doc yang anda beli sebelum chick in.

DOC

Doc merupakan singkatan dari Day Old Chick yang merupakan istilah untuk anak ayam yang berumur satu hari.

Ciri-ciri doc ayam pedaging yang baik (final stock), yang dihasilkan dari penetasan (hatchery), sesuai dengan SNI 01-4868.1-2005

-bobot per ekor minimal 37 gram

-kondisi fisik yang sehat dan tidak terdapat kelainan

-warna bulu seragam dan kering

-serta jaminan kematian doc maksimal 2%

Ciri-ciri doc ayam petelur (final stock), sesuai SNI 01-4868.2-2005

-bobot doc per ekor minimal 33 gram

-kondisi fisik yang sehat dan tidak terdapat kelainan

- warna bulu seragam dan kering

- serta jaminan kematian doc maksimal 2%

Kondisi fisik yang sehat dan tidak ada kelainan dijabarkan lebih terperinci pada SNI 01-4868.2-1998, meliputi  kondisi fisik sehat, kaki normal, tampak segar dan aktif, tidak cacat fisik, sekitar pusat dan dubur kering.

Dengan memahami ciri ciri bibit ayam yang baik, akan lebih mudah bagi kita menemukan bibit unggulan.  Secara umum ciri ciri diatas bisa menjadi standar bagi anda dalam memilih bibit ayam. Pemilihan DOC yang baik memang sangat penting, namun jika DOC yang baik tersebut tidak dipelihara dengan cara yang baik maka anda tidak akan memperoleh hasil yang maksimal.  Ayo beternak ! 

Sumber : 

SNI 01-4868.2-2005

SNI 01-4868.2-1998

Sumber photo: http://duniaternak.com/pengusaha-unggas-mengeluh-minta-pemerintah-tekan-harga-doc-ayam/

Op. Bid Peternakan